.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Spetsnaz

Spetsnaz

Poland GROM

Poland GROM

Saturday, 17 November 2012

Armed Forces of the Russian Federation, (dan gambaran kekuatan pesawat tempur Rusia)


Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (The Armed Forces of the Russian Federation), (bahasa Rusia: Вооружённые Си́лы Росси́йской Федера́ции), adalah kekuatan militer Rusia, yang dibentuk setelah pembubaran Uni Soviet. Pada tanggal 7 Mei 1992, Boris Yeltsin menandatangani Keputusan Presiden mengenai pembentukan Menteri Pertahanan Rusia dan menempatkan semua tentara Angkatan Bersenjata Soviet di wilayah RSFSR (Russian Soviet Federative Socialist Republic), yang berada dibawah kendali Rusia. Panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Rusia ialah Presiden Rusia itu sendiri. Meski AB Rusia baru dibentuk di tahun 1992, namun militer Rusia merasa kembali ke era Kievan Rus'.

Jumlah total Tentara AB Rusia, yang pernah disebutkan oleh Keputusan Presiden pada 1 Januari 2008, berjumlah 2.019.629 personel, termasuk 1.134.800 unit-unit militer yang dibentuk.

Di tahun 2010, IISS (International Institute for Strategic Studies), memperkirakan bahwa AB Rusia berjumlah sekitar 1.027.000 untuk Tentara Aktif, dan di wilayah-wilayah lain sebanyak 20.000.000 Tentara Cadangan (sebagian besar mereka adalah sukarelawan wajib militer). Menurut SIPRI, pengeluaran untuk Pertahanan Rusia per tahunnya adalah sekitar 52.7 miliar di tahun 2011. Beberapa pengamat militer dan juga pejabat militer tinggi Rusia sendiri telah berambisi untuk memodernisasi, dan berencana untuk merubah AB Rusia kedalam skala yang lebih luas. Termasuk meningkatkan anggaran Pertahanan AB mereka, meningkatkan jumlah sukarelawan wajib militer mereka, termasuk memodernisasi Alutsista dan persenjataan mereka. Dan hingga saat ini, militer Rusia termasuk ke dalam kekuatan militer terbesar yang ada didunia.



Dibawah ini adalah unit kecabangan AB Rusia:

Armed Forces of the Russian Federation

Banner of the Armed Forces of the Russian Federation
Founded 7 May 1992
Service branches Russian Air Force
Russian Ground Forces
Russian Navy
Strategic Missile Troops
Russian Aerospace Defence Forces
Russian Airborne Troops







Kali ini kita hanya akan membahas kekuatan utama AU Rusia dari segi pesawat tempur dan pesawat taktis/strategis Rusia: 
 

Russian Air Force

Военно-воздушные cилы России
Voyenno-vozdushnye sily Rossii
Russian Air Force

Active 1992 - present
Country  Russian Federation
Role Air superiority, reconnaissance, close air support
Size 160,000 personnel
Anniversaries 12 August
Engagements First Chechen War
1999 Invasion of Dagestan
Second Chechen War
2008 South Ossetia war
Insurgency in the North Caucasus


Russian Air Force, (bahasa Rusia: Военно-воздушные cилы России), merupakan unit kecabangan Angkatan Udara Rusia yang berdiri dibawah naungan AB Federasi Rusia. Sedangkan The Russian Navy (AL Rusia), memiliki nama kecabangan Angkatan Udaranya sendiri, yakni The Russian Naval Aviation, yang merupakan unit lama yang dibentuk sejak era Soviet, Aviatsiya Voyenno Morskogo Flota “Naval Aviation”

AU Rusia yang dibentuk merupakan bagian dari unit Soviet Air Forces, yang mana merupakan unit AU Soviet sewaktu Uni Soviet masih berkuasa. Pembentukan Menteri Pertahanan Federasi Rusia oleh Boris Yeltsin di tahun 1992, dapat disebut sebagai acuan untuk pembentukan formasi baru bagi unit Angkatan Udara Rusia. Sejak saat itu, AU mereka telah mengalami beberapa masalah-masalah internal seperti masalah anggaran perang mereka, dan masalah penurunan jumlah personel mereka. Sejak Vladimir Putin berkuasa sebagai Presiden Rusia, bisa dikatakan, Beliau telah banyak memberikan bantuan dana untuk anggaran militer bagi AB Rusia secara keseluruhan.




Berikut ini adalah beberapa gambaran kekuatan pesawat-pesawat tempur dan pesawat taktis AU Rusia:






BERIEV A-50



Masa Produksi   : N/A
Terbang perdana : 1978
Jenis                   : Airbone Early Warning and Control
Misi                    : Mendeteksi ancaman dini, mengontrol pesawat, dan sebagai pesawat komunikasi.







TUPELOV Tu-154
Masa Produksi    : 1968 - 2010
Terbang perdana : 1978
Jenis                   : Airliner
Misi                  : Mengangkut personel militer, sebagai pesawat sipil/komersial, melakukan                    penerbangan    domestik, dsb.








TUPELOV Tu-22M
Masa Produksi    : 1967 - 1997
Terbang perdana : 30 Agustus 1969
Jenis                   : Bomber
Misi                    : Pesawat pembom jarak jauh







SUKHOI Su-30
Masa Produksi : N/A
Terbang perdana : 31 Desember 1989
Jenis                   : Jet Fighter
Misi                 : Pesawat jet tempur, multirole (melakukan penyerangan basis pertahanan darat), (melakukan misi tempur udara)







SUKHOI Su-24
Masa Produksi   : 1967 - (...)
Terbang perdana : 17 Januari 1970
Jenis                   : Reconnaissance, Ground-Attack
Misi                    : Melakukan misi pengintaian, penyerangan darat







SUKHOI Su-34
Masa Produksi   : 2006 – hingga sekarang
Terbang perdana : 13 April 1990
Jenis                   : Strike Fighter
Misi                    : Pesawat jet tempur, multirole (pesawat pembom)







ANTONOV An-72
Masa Produksi    : 1977 – hingga sekarang
Terbang perdana : 22 Desember 1977
Jenis                    : Tactical Transport
Misi                     : Pesawat angkut taktis (pesawat angkut personel dan kendaraan tempur ringan)







ILYUSHIN I1-76
Masa Produksi    : N/A
Terbang perdana : 25 Maret 1971
Jenis                   : Strategic Transport
Misi                    : Pesawat angkut strategis (pesawat angkut kargo/barang, dan kendaraan tempur ringan)






MIKOYAN MiG-31
Masa Produksi    : N/A
Terbang perdana : 16 September 1975
Jenis                   : Interceptor Aircraft
Misi                    : Melakukan misi pencegatan pesawat, melakukan tempur udara








Yakovlev Pchela 1T


Masa Produksi   : N/A
Terbang perdana : N/A
Jenis                   : UAV (Unmanned Aerial Vehicle)
Misi                    : Pesawat mata-mata









Berikut hanyalah beberapa gambaran kecil mengenai kekuatan Angkatan Udara Rusia yang sangat besar. Beberapa tahun belakangan ini diam-diam menjadi kekuatan AU yang sangat menakutkan di dunia. Berbagai produksi pesawat pun dikembangkan, tidak hanya pesawat jet tempur, melainkan juga pesawat pendeteksi ancaman dini, pesawat pengontrol, pesawat angkut taktis/strategis, dan juga sederet pesawat-pesawat superior lainnya termasuk juga heli tempur dan pesawat pengintai UAV.

Jika dicermati, Rusia/AU Rusia, bukan merupakan kekuatan kedua terbesar setelah AS. Melainkan Rusia / Angkatan Udara Rusia memiliki kekuatan setara atau bahkan, dalam beberapa kasus, lebih baik dibandingkan dengan kekuatan superior yang dimiliki AU AS. 
 
Kembali lagi tergantung kepada anda? Anda berada di pihak mana??
Blok Timur kah (Rusia), ataukah Blok Barat (Amerika)?? 
 
Tentu kalian punya alasan tersendiri kemana anda akan berpihak! Yang pasti, kekuatan superior itu adalah kekuatan militer yang sangat mengerikan, jika benar-benar digunakan di medan perang. Contohnya apabila kedua belah pihak berseteru (AS vs Rusia), tentu ini tidak akan terbayangkan dan menjadi perang yang tidak berkesudahan! Kita tidak berharap begitu!! yang nantinya toh akan membangkitkan gelora Perang Dunia ke-4 secara global.

Yang pasti, Amerika Serikat pun saat ini tidak segan-segan mengeluarkan banyak anggaran militer mereka untuk pertahanan dan kekuatan militer mereka dalam menghadapi ancaman atau mengantisipasi ancaman militer Rusia dikemudian hari. Berbagai upaya pun terus dilakukan, walaupun dalam beberapa kasus seperti Perang Afghanistan yang dilakoni AS beberapa waktu lalu, harus memaksa para pejabat militer memangkas anggaran perang mereka dan memikirkan kembali kebijakan militer mereka secara bijak.

Di sisi lain, Rusia, dengan wilayah negaranya yang sangat luas, dan juga negara yang kuat secara militer, tidak mau kecolongan. AB Rusia mengembangkan kekuatan militer mereka merata di seluruh unit-unit kecabangan AB Rusia. Di AU misalnya, yang sudah dijelaskan tadi, pesawat-pesawat Rusia tidak kalah dibandingkan pesawat-pesawat AS, malahan dalam beberapa hal lebih baik. Begitu juga perbaikan dan modernisasi dalam kecabangan Angkatan Laut Rusia. Seakan tidak ingin ketinggalan selangkah, mereka telah banyak memproduksi kapal selam, kapal perang, destroyer, dan kapal-kapal lainnya dalam mengungguli Alutsista Amerika Serikat.


So, dapat dipastikan anda hanya akan geleng-geleng kepala melihat peta kekuatan militer kedua negara ini, terutama kekuatan militer Rusia!!









Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Armed_Forces_of_the_Russian_Federation
http://en.wikipedia.org/wiki/Russian_Air_Force



No comments:

Post a Comment