.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Spetsnaz

Spetsnaz

Poland GROM

Poland GROM

Monday, 8 October 2012

PMPP Sentul – Megahnya Pasukan PBB



Indonesia memiliki Pusat Misi Pemelihara Perdamaian (PMPP). Luasnya 261 hektar, berada di ketinggian bukit di daerah sentul. Megah, dan superlengkap, itulah kesannya.


    Memasuki kawasan pusat PMPP di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, hanya satu kata terucap, wow..!!! Belum pernah terdapat fasilitas militer di negeri ini yang semegah dan selengkap ini. Ya, inilah Pusat Misi Pemelihara Perdamaian Indonesia atau yang dikenal juga dengan sebutan Indonesia Peace and Security Centre (IPSC). Area PMPP yang berdiri megah di Bogor ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 19 Desember 2012, Sekjen PBB Ban Ki Moon juga mengunjungi PMPP.

    Sesuai dengan namanya yang memelihara predikat Pemelihara Perdamaian, PMPP Sentul memang didesain khusus bagi calon Pasukan Perdamaian Indonesia, alias Kontingen Garuda yang akan bertugas ke luar negeri. Sejak lama, memang Indonesia dikenal sebagai negara kontributor Pasukan Perdamaian PBB. Banyak pula hambatan yang dialami para personel Pasukan Perdamaian, diantaranya adalah hambatan bahasa, hambatan prosedur operasi, dan pengetahuan global lainnya.



    Untuk itulah mengapa Indonesia membentuk PMPP. Berbicara mengenai luas area ini, sungguh luar biasa. Luasnya lahan yang digunakan saja mencapai 261 hektar lebih. Didalamnya juga tengah dibangun berbagai fasilitas. Selain yang umum berupa Markas Komando dan barak, berbagai sarana penunjang lainnya juga turut dibangun, seperti lapangan tembak dan kolam renang kelas internasional.

    Terlihat dari berbagai fasilitasnya, memang didesain khusus untuk calon Penjaga Perdamaian (Peacekeepers). Lihat saja area Desa Simulasi, pada prakteknya nanti, di desa ini dibangun seolah-olah para Penjaga Perdamaian sedang berada di  sebuah desa di wilayah Afrika. Disana Peacekeeper harus mampu membaur dengan para penduduk lokal yang memang mereka di setting seperti halnya di Afrika. Dengan demikian, proses pelatihan dan pembelajaran dapat berjalan lebih cepat.

    Yang membanggakan lagi, tidak tertutup kemungkinan penggunaan area PMPP Sentul sebagai pusat pelatihan bagi negara-negara sahabat yang akan dikirim sebagai Pasukan PBB.

    Selain itu, pada area PMPP ini juga dibangun helipad yang mampu menampung 4 unit helikopter. Tidak ketinggalan menara setinggi 150 meter dibangun dengan bendera merah putih yang berkibar. Dan karenanya, wilayah tersebut kini dinamai bukit Merah Putih. Jika Anda berkendara di Tol Jagorawi dari arah Jakarta, tengoklah ke kiri selepas Sirkuit Sentul, anda akan melihat bendera merah putih berkibar.




PALING KOMPLIT


    Selanjutnya di area PMPP juga dibangun sejumlah pusat pelatihan. Diantaranya pusat pelatihan penanggulangan terorisme di bawah naungan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme). Jadi, nantinya semua pusat latihan anti-teror berada di sini. Termasuk juga sebuah pesawat yang nantinya digunakan sebagai latihan Anti-Pembajakan Pesawat, selain pesawat, ada juga kapal laut, kereta dan bus di dalam area PMPP ini. Semuanya tentu didedikasikan untuk pemusatan latihan Anti-Pembajakan. Dengan demikian, tidak ada lagi cerita Pasukan AntiTeror Indonesia kekurangan fasilitas untuk latihan.

    Tak kalah pentingnya adalah pembangunan pusat bahasa. Fasilitas ini tentunya amat menunjang bagi Pasukan maupun masyarakat untuk menguasai bahasa asing. Dan yang terakhir adalah gedung Universitas Pertahanan juga akan didirikan di kawasan ini. Tidak lupa juga akan dibangun pusat kegiatan olahraga militer.

    Nah, selain berfungsi sebagai pusat pelatihan, PMPP Sentul boleh juga dimanfaatkan warga sebagai sarana rekreasi. Tentunya di beberapa bagian wilayah saja.

Pre Deployment Training - Latihan Pasukan Perdamaian PBB sebelum penggelaran Pasukan







Disadur dari; Majalah Commando Volume VIII No.4 Tahun 2012

No comments:

Post a Comment