.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Spetsnaz

Spetsnaz

Poland GROM

Poland GROM

Monday, 26 March 2012

Spetsnaz Rusia




Spetsnaz (Bahasa Rusia: Войска специального назначения) - Bahasa Rusia Latin: Voyska spetsialnogo naznacheniya, adalah sebuah istilah yang digunakan bahasa Rusia, yang berarti; “Special Purposes Forces” atau bahasa Indonesianya; “Pasukan dengan fungsi khusus”, atau disingkat menjadi “pasukan khusus”. Istilah tersebut dapat merujuk kepada semua unit pasukan khusus yang berada dibawah naungan Jasa Keamanan Federal (FSB) atau Pasukan Reguler di bawah naungan Menteri Luar Negeri divisi Hubungan Internasional Rusia. Dan unit-unit khusus tersebut, berada dibawah pengawasan badan intelijen militer (GRU).


Spetsnaz, merupakan sebuah unit yang didalamnya terdapat beberapa prajurit militer tangguh yang dilatih secara profesional. Spetsnaz merupakan pasukan khusus yang dimiliki Rusia dan dapat disetarakan dengan pasukan khusus lain yang sejenis seperti; Delta Force di dalam cabang Angkatan Darat AS.

Pertarungan jarak dekat dan pertarungan tangan kosong mereka tidak perlu dipertanyakan lagi, mereka dilatih sangat baik didalam pertarungan bela diri. Dan pertarungan atau bela diri seperti itu merupakan persyaratan fisik mutlak harus dimiliki sebagai syarat untuk bergabung. Konon, dari 85% kandidat yang gagal, 3% diantaranya terluka atau meninggal dunia saat menjalani pendidikan.

Saat ini, istilah tersebut juga digunakan untuk menggambarkan unit-unit khusus lainnya (bahkan untuk unit penyelamatan khusus untuk situasi darurat). Pasukan khusus asing juga sering disebut juga sebagai Spetsnaz didalam siaran Televisi Rusia, contohnya saja; “Spetsnaz AS.”

Spetsnaz secara profesional telah melatih Republican Guard Syria, Angola, Kuba, Vietnam, Ethiopia dan mereka juga telah banyak mengadakan latihan gabungan dengan unit-unit pasukan khusus lainnya di dunia.



Para Personel Spetsnaz Rusia




Teori dari konsep utama taktik dan strategi dari penerapan pasukan khusus ini sepenuhnya dimiliki oleh pakar militer Michael Svechnykov (yang terbunuh pada 1938- the Stalin purges). Dimulai dari sekedar impian untuk meraih kemenangan dalam pertarungan yang tak seimbang, dikarenakan ketergantungan tradisi militer Rusia yang masih canggung dalam pergulatan jarak dekat. Dan akhirnya realisasi tersebut kemudian dimulai oleh Ilya Starinov, “Bapak pendiri Spetsnaz.”, untuk membentuk prajurit yang tangguh dalam perkelahian dan pertarungan tangan kosong.






Spetsnaz membawa misi-misi berbahaya, termasuk misi pengintaian dan melaksanakan misi “perang di masa damai”, dan juga perang inkonvensional. Fungsi utama Prajurit Spetsnaz di waktu perang adalah melakukan infiltrasi (penyusupan) jauh dibelakang garis musuh (entah itu menggunakan seragam resmi militer maupun menggunakan seragam sipil). Dan biasanya misi tersebut tuntas sebelum perseteruan dimulai. Sekali ditempatkan, mereka melaksanakan aksi sabotase (seperti penghancuran objek-objek vital dan pusat logistik, gedung-gedung komunikasi, dsb), termasuk juga melakukan pembunuhan terhadap target kunci seperti pemimpin, atau pimpinan tertinggi dari suatu organisasi. Ada 20 Brigade Spetsnaz ditambah 41 divisi terpisah. Total kekuatan Spetsnaz saat ini diperkirakan mencapai 30.000 personel.


Pusat Operasi Khusus (CSN) dari FSB, didesain untuk membasmi aksi tindak kejahatan teroris dan melindungi pejabat-pejabat pemerintahan federasi Rusia. CSN FSB terdiri dari 3 divisi operasional terpisah, diantaranya; Departemen A (disebut juga spetsgruppa “Alfa”), Departemen V (disebut juga sebagai spetsgruppa “Vympel”) dan yang terakhir adalah SOS (Special Operations Service). Rata-rata pendidikan CSN adalah 5 tahun lamanya.



 

Unit-unit FSS (Federal Security Service)




ALFA GROUP

Alfa” merupakan unit anti-teror Rusia terbaik yang pernah ada sejak tahun 1974. saat ini “Alfa” merupakan unit yang sangat profesional, dimana terdiri dari 700 personel aktif. Unit ini bertempat di Moskow, sisanya berlokasi di tiga kota yang berbeda- Krasnodar, Yekaterinburg, dan Khabarovsk. Semua personel “Alfa”, dalam pendidikannya, telah menjalani latihan penerjunan dan latihan penguasaan dan penembakan senapan serbu. Satu per-tiga dari mereka memiliki keahlian gunung (kemampuan perang gunung), dan sisanya memiliki kemampuan menyelam untuk misi anti-sabotase. Unit modern ini dipersenjatai dengan peralatan lengkap dan persenjataan, beberapa persenjataan dimodifikasi sedemikian rupa untuk menjadikannya sebagai ciri khas mereka. Mereka juga sangat tangguh dalam pertempuran jarak dekat dan pertarungan tangan kosong. Pendidikan mereka sangat keras, mereka juga diajarkan kemampuan bela diri tingkat tinggi dan diajarkan metode membunuh lawan dengan cepat.




 Para personel Spetsnaz saat sedang unjuk kebolehan,
 melatih kekuatan fisik mereka dengan benda-benda keras


Dua anggota Spetsnaz saat sedang melakukan latihan bela diri



VYMPEL


Vympel”- merupakan unit elite KGB khusus sabotase peninggalan era perang dingin, dan juga merupakan unit pembunuh. Saat ini dibentuk menjadi unit anti-sabotase dan unit penanggulangan aksi terorisme. Tetapi tidak seperi Alfa, selain mempelajari teknik penyusupan di pesawat dan bis, mereka juga dapat beroperasi di banyak lingkungan yang berbeda. Mereka memiliki 18 keahlian disiplin yang wajib mereka kuasai, diantara dari mereka adalah; bagaimana untuk memasuki gedung yang sedang dijaga, keahlian menembak tepat sasaran dan observasi jarak jauh, latihan bela diri, mengemudikan mobil militer pengangkut militer, menerbangkan pesawat, dan latihan penanganan medis.


Unit ini juga merupakan pertahanan terakhir Rusia dalam melawan ancaman terorisme seperti; ancaman bagi reaktor nuklir, bendungan hydroelectric, dan tempat-tempat lainnya yang terkait dengan industri. Unit “Vympel” juga masih banyak digelar untuk misi-misi spesifik di Caucasus Utara, ditempatkan bersama dengan rekan sejawat mereka (unit Alfa). Mereka umumnya merotasi pasukan mereka, dan setiap unit ditempatkan di Chechnya kira-kira 2 sampai 3 kali rotasi per tahunnya. “Vympel” bermarkas di Moskow, namun unit ini juga memiliki markas-markas lainnya di setiap kota dimana terdapat reaktor nuklir.



SPECIAL OPERATIONS SERVICE


SOS- Special Operations Service. Tidak banyak informasi yang didapatkan untuk unit ini, namun, diketahui bahwa mereka pernah berpartisipasi untuk FSB dalam operasi khusus di Caucasus Utara, mereka juga dapat dipakai sebagai bodyguard untuk menjaga pejabat-pejabat tinggi negara.



SPETSNAZ GRU


Spetsnaz GRU, atau Pasukan khusus Angkatan Darat Rusia, juga disebut sebagai unit yang sangat profesional di dalam Angkatan Bersenjata Rusia. Spetsnaz telah membuat reputasi sangar mereka sebagai salah satu pasukan khusus terbaik dengan pelatihan yang keras dan kejam. Mereka berada dibawah kendali GRU. Unit-unit dari Spetsnaz GRU tidak memiliki nama resmi, contohnya saja seperti kasus dengan unit MVD Spetsnaz. Mereka pada umumnya hanya merujuk pada angka, untuk contohnya; 16th Separate Brigade of Spetsnaz, menyesuaikan dengan unit militer reguler lainnya.

Beberapa isu menyebutkan bahwa mereka pernah terlibat langsung di lapangan, seperti dalam operasi-operasi rahasia di Afghanistan dan Chechnya. Tim Spetsnaz GRU biasanya mengenakan seragam sama seperti yang digunakan pasukan Airborne, baret berwarna biru cerah VDV dan logo unit disesuaikan untuk mencegah pengenalan identitas mereka. Yang jelas, mereka tidak memiliki seragam tetap, mereka mengenakan seragam dengan corak dan warna yang sama dengan lingkungan dimana mereka berada.

Para personel Spetsnaz GRU- saat sedang bersiap-siap untuk
melaksanakan operasi mereka di Bandara Kabul, Afghanistan- 1988
















 



Diterjemahkan dari; wikipedia Bahasa Inggris. kata kunci "Spetsnaz".

No comments:

Post a Comment