.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Spetsnaz

Spetsnaz

Poland GROM

Poland GROM

Monday, 7 May 2012

LEOPARD 2


Tank Leopard 2A4 AD Austria- yang dibuat oleh AB Jerman



Tank Leopard 2 adalah MBT (Main Battle Tank)- atau Tank Tempur Utama terbaik didunia yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada awal 1970-an untuk AD Jerman. Pertama kali Tank ini merumput pada tahun 1979 dan menjadi penerus kesuksesan Leopard 1 yang juga pernah digunakan Jerman. Beragam versi aslinya sudah digunakan oleh militer Jerman dan 12 versi lainnya menjadi aset militer sejumlah negara-negara Eropa, selain ratusan lainnya digunakan juga oleh negara-negara non-Eropa.

Kemampuan Jerman untuk menghadirkan Tank Leopard 2 adalah suatu hal yang luar biasa. Maklum saja, sejak PD II berakhir, Jerman benar-benar mengalami brain drain. Seluruh ilmuwannya yang pintar dibujuk dengan iming-iming kehidupan yang lebih baik di tanah Amerika dan Inggris, atau diculik paksa dan dipaksa bekerja oleh Uni Soviet.


Tank pendahulu Leopard 2- yakni Leopard 1A5 milik AB Jerman



Ketika Leopard 1 sebagai pendahulu Leopard 2 lahir, pengamat militer menyambutnya biasa-biasa saja. Leopard 1 memang MBT dengan desain yang sound dan harga yang cukup terjangkau, dan performanya di medan tempur pernah dibuktikan Australia di Vietnam. Namun dari segi desain, Leopard 1 yang merupakan MBT generasi pertama, sebenarnya tidak menawarkan keunggulan dibandingkan MBT yang lahir pada generasinya seperti M60, Centurion, atau AMX-30.

Tidak demikian ketika Jerman melahirkan Leopard 2. Jerman menampilkan wajah alutsistanya yang garang, dengan kemampuan menakjubkan ditambah umur pakai yang sangat panjang. Membuat Leopard 2 menjadi Tank tempur utama AD Jerman yang sangat ditakuti. Teknologi terbaru dibenamkan Krauss-Maffei-Wegmann kedalam Leopard 2, sehingga dalam 10 tahun pertama, Leopard 2 nyaris tak memiliki lawan yang sebanding. Leopard 2 menjadi yang pertama menerapkan pengunaan meriam 120mm smoothbore dengan munisi APFSDS/KE. Munisi ini kemudian menjadi standar munisi NATO, bahkan diadopsi oleh AS untuk varian M1A2 Abrams. Yang dipadu dengan sistem kendali penembakan terpadu, Leopard 2 menjadi MBT yang sangat disegani oleh lawan.








Disadur dari Majalah COMMANDO: Leopard 2 - Heavy & Mighty. Edisi War Machine Series. April 2012.

1 comment: