Beriev- A-50 |
---|
Peran | AWACS | ||
---|---|---|---|
Perusahaan | Beriev | ||
Terbang perdana | 19 December 1978 | ||
Perkenalan | 1984 | ||
Status | memasuki masa operionalnya | ||
Penggunaan | Russian Air Force Indian Air Force |
||
Unit yg diproduksi | sekitar 40 unit | ||
Dikembangkan dari | Ilyushin Il-76 |
The
Beriev A-50, atau pesawat Beriev A-50 (“Mainstay” untuk penamaan
oleh NATO), adalah pesawat terbang buatan Rusia. Beriev A-50 berperan
sebagai pesawat pengontrol dan pesawat peringatan dini yang
diproduksi Rusia, atau disebut juga AWACS (Airbone Warning and
control system), yang desainnya berdasarkan pada pesawat angkut
Ilyushin I1-76. A-50 dibuat untuk menggantikan pesawat Tupolev Tu-126
“Moss”. Penerbangan perdana A-50 dilaksanakan di tahun 1978, dan
memasuki gelanggang pada 1984, dengan produksi sekitar 40 unit di
tahun 1992.
Misi
nya adalah mengangkut 15 kru yang bertugas mengambil atau menerima
data dari radar pengintai besar Liana dengan antena yang terpasang di
pesawat, yang berdiameter 29 kaki 9 inci (9 meter).
A-50
dapat mengontrol atau mengatur hingga 10 pesawat tempur entah itu
pesawat interceptor (pesawat pencegat), maupun pesawat tempur ground
attack. A-50 mampu terbang selama 4 jam pada kecepatan 1000 kilometer
dari landasannya dan memiliki berat maksimum 190 ton. Pesawat ini
dapat diisi bahan bakar ulang oleh pesawat tankers I1-78.
Radar
yang dimiliki pesawat, yakni “Vega-M”, didesain oleh MNIIP,
Moskow, dan diproduksi oleh NPO Vega. Vega-M mampu melacak hingga 50
target sekaligus dalam radius jarak sejauh 230 km. Target-target
besar, termasuk kapal permukaan (surface ships), dapat dilacak dan
dideteksi pada jarak 400 km.
Setelah
melakukan berbagai pengujian, Beriev kemudian di upgrade beberapa
komponennya dan dikirim ke Angkatan Udara Rusia (The Russian Air
Force), menjalankan peran AWACS nya.
Pesawat
berjenis '47 Red'/RF-92957 telah ditangani langsung di fasilitas
khusus Beriev di Tanganrog pada 31 Oktober 2011. Dan telah dirawat
khusus oleh Pusat Penerbangan Operasi Pesawat terbang khusus pesawat
pendeteksi dini, di Ivanono-Severnyi, yang mana merupakan
satu-satunya basis yang mengoperasionalkan A-50. Unit 2457th
(Unit yang mengurus dan mengoperasionalkan A-50), mengoperasikan
total 16 pesawat A-50. Pesawat kedua, berjenis '33 Red' sedang
melalui tahap upgrade dan akan dikirim pada tahun 2012. Ini hanyalah
dua permintaan upgrade yang dipesan (tertanggal Januari 2012), namun
Beriev juga akan menindaklanjuti permintaan upgrade di kemudian hari
apabila ada pemesanan.
Pengerjaan
A-50U dilakukan beberapa tahun lalu dan pengujiannya dilakukan pada
10 September 2008, menggunakan pesawat berjenis Russian Air Force
A-50 '37 Red' sebagai bahan uji coba nya.
Komponen
utama yang di modernisasi termasuk menempatkan peralatan analog yang
lama, di ganti dengan yang baru, perlengkapan penerbangan digital
yang disuplai oleh perusahaan JSC – Perusahaan Teknisi Radio Vega.
Peningkatan atau upgrade yang diperlukan termasuk, memproses data
secara cepat, meningkatkan proses melacak dan mendeteksi sinyal dan
deteksi target. Sekedar tempat berbaring/istirahat untuk kru, toilet,
dan juga ruang dapur pun disiapkan di dalam upgrade nya.
Bentuk
upgrade ini merupakan konsep pembentukan pesawat produksi baru,
berdasarkan pada airframe I1-476 (I1-76MD baru dengan menggunakan
mesin PS-90A76). Konfigurasi yang sama juga diterapkan pada A-50U,
namun dengan Radar Array Premier baru berjenis Vega.
Spesifikasi (A-50)
General characteristics
- Crew: 15
- Length: 49.59m (152 ft 8 in)
- Wingspan: 50.50 m (165 ft 6 in)
- Height: 14.76 m (48 ft 5 in)
- Wing area: 300 m² (3,228 ft²)
- Empty weight: 75,000 kg (165,347 lb)
- Max. takeoff weight: 170,000 kg (374,786 lb)
- Powerplant:
4 × Aviadvigatel
PS-90A turbofan, 157 kN (35,200 lbf) each
Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Beriev_A-50
No comments:
Post a Comment